Sunday, December 18, 2011

Half the Sky

Hello everyone!

Akhirnya saya menulis blog 'lagi', setelah blog pertama yang dibuat beberapa tahun lalu 'raib' entah kemana karena tak pernah diisi posting apapun. Sekarang, setelah bekerja sebagai jurnalis, terpikir lagi untuk membuat blog sebagai cara menyelamatkan tulisan-tulisan yang pernah maupun belum pernah/tidak jadi diterbitkan. Sebenarnya alasan pertama membuat blog ini adalah perasaan sedih saat tulisan yang rasanya sudah sempurna dipotong oleh editor atau malah lebih menyakitkan karena tidak pas dengan lay out. Jadi daripada sakit hati sendiri, lebih baik tulisan aslinya dipost di sini..:).

Half The Sky yang saya pakai sebagai nama blog ini sebenarnya adalah judul buku yang telah menginspirasi saya untuk tetap menulis. Di tengah-tengah keraguan memilih pekerjaan yang saya inginkan, saya membaca buku ini, yang aslinya berjudul Half The Sky: How To Change The World. Jangan khawatir, judulnya 'how to" terkesan seakan-akan buku ini akan memberikan kita langkah-langkah bagaimana kita bisa mengubah dunia. Sebenarnya, buku ini adalah kumpulan tulisan pasangan jurnalis Amerika Nicholas D. Kristoff & Sheryl Wudunn mengenai perjalanan mereka ke berbagai tempat untuk meliput kisah perempuan-perempuan yang inspiratif. Selama membaca buku ini akhirnya saya sadar bahwa keinginan dari dulu untuk berbuat sesuatu bagi perempuan lain-apapun itu bisa saya capai dengan menulis. Saya sadar, bahwa saya bukanlah tipe aktivis yang bisa langsung terjun ke lapangan, atau seorang konseptor, lobbyist, manajer yang bisa bekerja untuk sebuah organisasi besar perempuan. Karena itu, menulis mungkin adalah suatu cara untuk mengekpresikan kepedulian saya,  concern saya terhadap berbagai persoalan perempuan. selain itu, menulis ternyata menjadi bisa juga menjadi manifestasi berbagai impian-impian lama yang sempat terkubur.

Jika boleh berandai-andai, saya berharap tulisan-tulisan saya mengenai perempuan pada akhirnya akan memberi inpirasi bagi orang lain...dan mungkin saja suatu hari ini nanti saya bisa menulis sebuah buku seperti Half The Sky. Who knows?

Memang perhatian utama saya adalah persoalan perempuan, tapi tidak semua tulisan yang akan saya post di blog ini adalah melulu mengenai perempuan. Bekerja sebagai 'penulis bayaran', saya juga dituntut untuk bisa menulis berbagai hal lain, mulai dari travel, makanan, review restoran, seni, fashion, dll.
So, happy reading, selamat membaca!

3 comments:

  1. wow..tulisannya keren dek. btw, tulisan yg waktu itu nyantumin nama saya kok ga ada dek? hehehe

    ReplyDelete
  2. Thanks Fan...Oke nanti, di publish lagi di sini ya.Soalnya kan udah tahun lalu terbit di Marie Claire..:)

    ReplyDelete